Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Sulampua: Layanan Konsumen dan SLIK Terus Meningkat

OJK Sulampua: Layanan Konsumen dan SLIK Terus Meningkat Kredit Foto: Tri Yari Kurniawan
Warta Ekonomi, Makassar -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Wilayah Sulawesi Maluku dan Papua (Sulampua) telah menerima ratusan layanan konsumen maupun permintaan berkaitan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) hingga periode Juni 2018. Khusus untuk layanan konsumen, sebagian besar telah berhasil diselesaikan. 

"Layanan konsumen dan layanan SLIK terus meningkat. Kantor OJK Regional 6 Sulampua bahkan telah menerima 542 layanan konsumen," kata Kepala Kantor OJK Regional 6 Wilayah Sulampua, Zulmi, Jumat (27/7/2018). 

"Di samping itu, sejak implementasi SLIK pada 1 Januari 2018 yang menggantikan SID (Sistem Informasi Debitur) atau BI Checking, kita sudah melayani 942 permintaan informasi keuangan dari masyarakat hingga 5 Juli 2018," sambung Zulmi. 

Menurut Zulmi, mayoritas layanan konsumen, tepatnya 362 layanan berkaitan dengan sektor perbankan. Disusul sektor perusahaan mencapai 124 layanan. Sisanya terkait asuransi (24 layanan), non layanan jasa keuangan (18 layanan), pegadaian (12 layanan), dana pensiun (1 layanan) dan pasar modal (1 layanan). 

Bila ditilik lebih dalam terkait detail permasalahan, Zulmi menyebut kebanyakan terkait restrukturisasi kredit (98 layanan). Disusul layanan SLIK (67 layanan), permintaan informasi (64 layanan), permasalahan agunan (39 layanan), penarikan kendaraan (39 kendaraan), sistem pembayaran (38 layanan), perbedaan perhitungan kewajiban (35 layanan) dan lain-lain (162 layanan). 

"Sejauh ini, untuk status penyelesaiannya yakni 477 selesai, 40 diteruskan ke KP (kantor pusat) dan 28 masih identifikasi," pungkasnya. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Yari Kurniawan
Editor: Vicky Fadil

Bagikan Artikel: