Tren Pengiriman Selama Pandemi: Orang Berburu Makanan Siap Saji
PT Pos Indonesia mencatat adanya perubahan pola konsumen yang terjadi selama pandemi. Hal ini terlihat dari unit produk yang dikirimkan selama pandemi.
"Ada kebiasaan baru di pola belanja konsumen. Dulunya yang banyak pengiriman di sektor fesyen, kosmetik, sekarang lebih ke pangan (makanan siap saji)," kata Direktur Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Charles Sitorus dalam webinar, Selasa (14/7/2020).
Charles menjabarkan, pengiriman antarkota atau intracity dari segi jumlah meningkat sebanyak 34 persen. Sementara jumlah barang e-commerce yang dikirimkan meningkat sebanyak 42 persen.
Baca Juga: Shopee Paling Berjaya di Indonesia, Tokopedia-Bukalapak Lewat
Sedangkan dari segi nilai pengiriman, nilai pengiriman dari e-commerce juga naik sebanyak 58 persen.
Adapun, menurut Charles, peningkatan pengiriman selain disumbang oleh e-commerce, juga mendapat dorongan dari berbagai pembayaran digital.
Pandemi banyak mengubah gaya hidup masyarakat. Salah satu perubahan yang dilihat Charles adalah perubahan dari sisi metode belanja untuk pangan.
"(Pandemi) Ini yang menjadikan konsumen mengubah pola hidupnya, termasuk berbelanja," pungkas Charles.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: