Berkembangnya tren bisnis digital membuat perusahaan mengikuti perkembangan zaman. Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat ini adalah menggunakan sosial media untuk melakukan aktivitas bisnis seperti pemasaran dan layanan pelanggan.
Data dari Hootsuite mencatat bahwa sekitar 61,8% penduduk Indonesia menggunakan sosial media, dengan penggunaan WhatsApp dan Instagram di posisi tiga teratas sebagai sosial media yang paling banyak digunakan. Baca Juga: Kata.ai: Penggunaan WhatsApp Business untuk Efisiensi dan Pertumbuhan Bisnis Menjanjikan
Selain potensinya, pemasaran sosial media juga lebih mudah diakses, hemat biaya dan memberikan spektrum yang lebih luas. Kegiatan layanan pelanggan juga perlahan mulai berpindah dari telepon langsung menjadi menggunakan pesan singkat (chat). Dilansir dari salah satu sumber, milenial lebih suka menggunakan chat untuk berkomunikasi.
“Melihat potensi ini, sosial media telah menjadi bidang baru dalam hal pemasaran dan customer service,” ujar Brendan, CEO Qontak, dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022).
Baca Juga: Belum Dapat WA Isoman? Hubungi Whatsapp Kemenkes RI di Nomor 081110500567
Untuk mempermudah layanan pelanggan dan kegiatan bisnis, diperlukan sistem aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai media sosial ke dalam satu aplikasi. Sistem ini disebut dengan Omnichannel CRM (Customer Relationship Management).
Penggunaan Omnichannel juga mendukung kegiatan bisnis di WhatsApp dan Instagram. Qontak merupakan perusahaan Omnichannel dan CRM nomor 1 di Indonesia yang juga merupakan Mitra Bisnis Resmi WhatsApp API.
“WhatsApp Business API akan mempermudah perusahaan maupun UKM beralih ke aktivitas bisnis yang digital dan terautomasi,” lanjut Brendan.
Lalu apa saja keuntungan dari WhatsApp Business API?
Baca Juga: Manfaatkan Teknologi WhatsApp Bisa Tingkatkan Customer Engagement Bisnis
1. Miliki WhatsApp multi agen dan atur dengan fitur agent routing agar lebih terkoordinasi
2. WhatsApp Blast tanpa takut akun terblokir
3. Integrasi dengan sistem CRM yang menyimpan history percakapan dengan pelanggan
4. Dilengkapi WhatsApp Chatbot untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis
5. Mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi
6. Enkripsi end-to-end yang lebih aman
7. Meningkatkan customer experience dan kepercayaan pelanggan
Lebih dari 3.000 bisnis termasuk Ajinomoto, Glints Indonesia, Telkom Indonesia, iPot Sekuritas, serta Alodokter sudah mempercayakan bisnisnya pada Qontak. Otomatisasikan bisnismu bersama Qontak sebelum ketinggalan. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Qontak dapat menghubungi tim Qontak melalui Qontak.com dan dapatkan akun demo gratis!
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: