Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

E-Commerce 9 to 9 Targetkan Nilai Transaksi Melesat 300% di Tahun Ini

E-Commerce 9 to 9 Targetkan Nilai Transaksi Melesat 300% di Tahun Ini Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Transmarco yang merupakan pengelola dari e-commerce 9 to 9 yang sudah menyatakan bahwa pandemi Covid-19 benar-benar mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan. 

Head of E-Commerce PT Transmarco, Fahmi Reza mengungkapkan bahwa 9 to 9 sama dengan startup lainnya yang mengalami masa berat di awal berdiri. Namun, kehadiran pandemi Covid-19 berhasil mengakselerasi e-commerce 9 to 9 yang sudah berdiri sejak tahun 2017. 

Growth itu di awal tahun startup pasti akan berat 1-2 tahun pertama dan saya bisa kita lampaui itu dengan lancar. Growth itu bisa 800% yoy apalagi terutama pada masa pandemi. Karena saat itu toko tutup jadi kita ready, nah pada saat itu growth sampai ribuan persen,” ujar Fahmi, dalam acara perayaan ulang tahun ke-5 bertajuk Big Event 5uper Anniversary 9to9, di Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Baca Juga: Transaksi Digital Makin Meningkat, Aviana Kelola 180 Juta Transaksi Per Bulan

Fahmi mengutarakan meski saat ini pandemi covid-19 sudah semakin melandai namun pola hidup masyarakat dalam berbelanja sudah jauh berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Hal tersebut pun terlihat dengan nilai transaksi perdagangan digital (e-commerce) yang semakin meningkat mencapai Rp401 triliun di akhir tahun 2021.

“Meski kondisi sekarang ini pasca pandemi, sekarang kita sudah bisa sampai ke titik rata-rata nilai transaksi naik 930%,” ucapnya. 

Fahmi pun meyakini bila pada tahun 2022 ini 9 to 9 masih akan mencatatkan pertumbuhan yang signifikan mencapai sebesar 300%. Pasalnya, niali transaksi harian perusahaan kini sudah mencapai sebesar Rp7 hingga Rp8 miliar per bulan. 

“Kita tahu peak months e-commerce itu di bulan September hingga Desember serta hari raya. Dan di saat itu kita berikan target yang cukup tinggi. Seperti September ini targetnya Rp20 miliar. Karena di momen 9.9 ini sudah Rp2 miliar sendiri,” jelasnya. 
Baca Juga: Enam Tips Belanja Bulanan Online dengan Aman, Yuk Dibaca

Dan, pada tahun depan juga 9 to 9 masih optimis masih akan terus mencatatkan peningkatan yang cukup signifikan dengan didukung strategi yang telah dijalankan perusahaan selama ini. E-commerce yang sudah memiliki pengguna sebanyak 1 juta ini mengincar pertumbuhan sebesar 40-50% di 2023. 

“Kita tidak mau muluk-muluk seperti e-commerce lain yang mengejar jumlah pelanggan. Kalau kita sebenarnya pengen punya pelanggan yang benar-benar loyal. Karena kita melakukan pendekatan yang berbeda dengan program semacam refferal jadi mereka belanja lagi di kita. Jadi numbers of loyal customer itu lebih penting buat kita,” tambahnya. 

Adapun, tepat pada 9 September 2022 9to9 Indonesia berulang tahun ke-5 dan menggelar acara bertajuk Big Event 5uper Anniversary 9to9. Acara puncak ini digelar sebagai bagian dari rasa syukur 9to9 Indonesia atas pencapaian sampai di umur yang baru ini.

“Dengan diadakannya acara ini diharapkan 9to9 Indonesia bisa terus berkembang dan semakin dipercaya oleh masyarakat Indonesia, juga para stakeholder yang telah bekerja sama dengan kami. Semoga kedepannya 9to9 Indonesia bisa terus memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen setia 9to9 Indonesia,” terang Fahmi. 

Sebelumnya, dalam rangka memeriahkan Big Event 5uper Anniversary, 9to9 Indonesia menggelar Road to 5uperAnniversary yang diadakan secara online dan offline. Pada 1 September 2022 sudah berlangsung live Instagram bertemakan “Passion About Lifestyle – Trend Citayam Fashion Week” 9to9 Indonesia berkolaborasi dengan @demikita_id oleh Imelda B.L. Hutapea, M.Ed Capacity Building Director DEMI KITA. Sebagai salah satu platform online shopping di Indonesia, 9to9 Indonesia tertarik membahas lebih lanjut terkait fashion dan psikologi terkait Citayam Fashion Week dan mengupas fenomena tersebut dari sisi pola kehidupan remaja, khususnya Gen Z.

Selanjutnya, 9to9 Indonesia mengadakan kolaborasi kegiatan Fun Bike dengan Komunitas Sepeda Troy Jakarta. Acara ini digelar saat Car Free Day (CFD) pada 4 September 2022 di fX Sudirman, Jakarta Selatan. Fun Bike diselenggarakan untuk mendorong kesadaran pola hidup sehat di masyarakat.

Baca Juga: Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Perkuat Literasi Keuangan ke UMKM dan Ibu Rumah Tangga

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua