Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Tips Dorong Review Pelanggan untuk Tingkatkan Penjualan

5 Tips Dorong Review Pelanggan untuk Tingkatkan Penjualan Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini, internet memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal dengan sekali klik. Anda bisa mendapatkan kopi hanya dengan menunggu di depan pintu rumah atau memanggil ojek dan taksi online langsung dari ponsel.

Tingkat belanja melalui internet memang melonjak dalam tiga tahun terakhir. Akan tetapi, lebih dari sekadar media untuk berbelanja, internet telah menjadi tempat konsumen untuk mencari, meneliti, dan membandingkan produk.

Baca Juga: Kekuatan Digitalisasi dan Penggunaan Internet yang Menjembatani Jarak

Kapan terakhir kali Anda makan di restoran baru atau membeli sebuah barang tanpa memeriksanya lebih dahulu di Google? Rasanya, kita akan cenderung untuk mencari review-nya lebih dahulu di Google sebelum mencoba hal-hal yang baru, bukan?

Sebuah laporan Frontier pada Juli 2022 lalu mengungkapkan bahwa lebih dari dua pertiga konsumen membaca review pelanggan online tentang produk atau layanan yang mereka minati untuk dibeli. Review pelanggan sangat penting untuk membangun kredibilitas bisnis Anda. Namun, tidak semua review pelanggan akan menguntungkan. Jika Anda berasumsi bahwa review online yang buruk tidak mengkhawatirkan, sudah saatnya untuk memikirkan ulang hal tersebut.

Mungkin sulit dipercaya, tetapi terkadang gara-gara satu atau dua review buruk, pelanggan potensial batal beralih dari pesaing Anda. Itulah mengapa Anda harus berusaha lebih keras mendorong pelanggan meninggalkan review yang baik. Review seorang pelanggan dapat memainkan peran besar dalam keputusan orang lain yang ingin menggunakan produk/layanan Anda.

Bagaimana cara mendapatkan review pelanggan?

Beberapa bisnis mencoba menggunakan jasa review online dari agensi yang mem-posting review positif dengan berpura-pura menjadi pelanggan. Akan tetapi, ini sangat tidak etis dan bisa membawa Anda ke masalah hukum.

Belum lagi ketika pelanggan mengetahui bahwa Anda menggunakan jasa review. Mereka akan berhenti mendukung dan bahkan mungkin merekomendasikan kepada orang lain untuk tidak membeli dari Anda.

Banyak cara untuk mendorong pelanggan memberikan review positif. Kami telah menyusun lima strategi sederhana yang dapat dicoba untuk mendapatkan review yang tulus bagi bisnis Anda yang sedang berkembang. 

Ini adalah beberapa tips mendapatkan review pelanggan yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan reputasi bisnis.

1. Tanyakan pelanggan Anda

Cara termudah untuk mendapatkan review pelanggan adalah dengan memintanya. Menurut survei Capterra, 56% pelanggan menulis review secara online karena diminta. Ini sangat sederhana dan dapat diselesaikan tanpa membuang waktu. Cara terbaik adalah memilih pelanggan yang Anda yakini akan meluangkan waktu untuk memberi review yang baik.

Misalnya, ketika Anda menemukan pelanggan berulang kali datang untuk membeli produk tertentu, Anda dapat berasumsi bahwa mereka puas. Anda dapat mengirim pesan singkat, menelepon, atau mengirim email yang menjelaskan betapa pentingnya review pelanggan bagi pertumbuhan bisnis Anda. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan detail yang lebih spesifik tentang review yang mereka tinggalkan.

Baca Juga: Gandeng Pemkab Bogor, Bank Bjb Perluas Layanan Perbankan Bagi Pemerintah Daerah

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Halaman:

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: