Melalui perwakilan perdagangan di Kanada, Atase Perdagangan Ottawa dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver, Kementerian Perdagangan RI menggelar berbagai aktivitas penjajakan bisnis (business matching) dan seminar ekspor bagi pelaku usaha Indonesia.
Aktivitas ini menjadi upaya pemberdayaan pelaku usaha, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM) dalam peningkatan ekspor, dan merupakan bagian dari rangkaian acara misi dagang Kanada ke Indonesia, yaitu Team Canada Trade Mission (TCTM) ke Indonesia pada 1-3 Desember 2024.
Baca Juga: Menko Airlangga Bertemu Menteri Mary Ng dan Pelaku Bisnis Kanada
"Misi dagang Kanada ke Indonesia memberikan dampak positif kepada pelaku UKM Indonesia melalui penjajakan kesepakatan bisnis dan seminar ekspor. Kami harap, kegiatan-kegiatan ini dapat memperkuat jaringan bisnis Indonesia dengan berbagai perusahaan kelas dunia, membuka peluang ekspor yang lebih luas, dan meningkatkan daya saing UKM Indonesia di pasar Kanada,” kata Atase Perdagangan Ottawa Mahdewi Silky, dikutip dari siaran pers Kemendag, Selasa (3/12).
Dalam penjajakan bisnis, pelaku UKM Indonesia dipertemukan dengan perusahaan-perusahaan Kanada. Sementara itu, seminar ekspor membahas strategi pemberdayaan UKM dalam memasuki pasar global, khususnya Kanada. Seminar difasilitasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Trade Facilitation Office (TFO) Canada, Kedutaan Besar Kanada di Jakarta, dan Kemendag RI.
Silky menambahkan, berbagai aktivitas pemberdayaan pelaku usaha Indonesia ini turut berkontribusi meningkatkan momentum ekspor ke Kanada. Momentum tersebut memperkuat kesuksesan penyelesaian perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Kanada (Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) yang ditandai dengan penandatanganan pernyataan bersama penyelesaian perundingan.
Dokumen pernyataan bersama ditandatangani Menteri Perdagangan RI Budi Santoso dan Menteri Promosi Ekspor, Perdagangan Internasional, dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng saat sesi pleno misi dagang, Senin, (2/12) di Jakarta.
Misi dagang Kanada ke Indonesia membawa lebih dari 180 perusahaan Kanada untuk mengeksplorasi peluang kerja sama dengan Indonesia di sektor prioritas seperti pertanian, teknologi bersih, teknologi informasi, dan infrastruktur.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Tag Terkait:
Advertisement