Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Besar di Silicon Valley, Cisco Systems Jadi Konglomerat Teknologi Tinggi

        Kisah Perusahaan Raksasa: Besar di Silicon Valley, Cisco Systems Jadi Konglomerat Teknologi Tinggi Kredit Foto: Zuma Press/Yichuan Cao
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Cisco Systems Inc adalah konglomerat multinasional yang bergerak dalam bidang teknologi asal Amerika Serikat (AS). Bisnisnya meliputi pengembangan manufaktur, jaringan perangkat keras dan perangkat lunak, keperluan telekomunikasi hingga layanan dan produk teknologi tinggi lainnya.

        Konglomerat dari Silicon Valley ini namanya masuk dalam jajaran perusahaan raksasa berdasar pada total pendapatan di peringkat ke-211. Pendapatannya naik 5,2 persen dari 2019, sehingga di 2020 perusahaan mengantongi 51,90 miliar dolar AS dalam pendapatannya. 

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Diversifikasi Bisnis Wuchan Zhongda Sukses Raup Banyak Cuan

        Sementara itu, Cisco sepertinya tengah untung berlipat ganda. Pasalnya, labanya meroket 10464,5 persen dari 110 juta dolar AS di tahun 2019, sampai 11,62 miliar dolar AS di tahun 2020. Namun di sisi lain, asetnya turun dari 108,78 miliar dolar AS (2019) menjadi 97,79 miliar dolar AS di tahun ini.

        Cisco telah lama mendominasi pasar kelengkapan perangkat dan jaringan seperti jam yang digunakan untuk dihubungkan ke internet. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, bisnisnya tertekan cukup signifikan. Penyebabnya, banyak pelanggan yang membeli cloud-computing dibanding membeli data center dalam sebuah perangkat.

        Sejalan dengan menguatnya kondisi finansial perusahaan, Cisco meluaskan penjualannya untuk 5G. Di akhir 2019, perusahaan dilaporkan tengah melakukan negosiasi dengan lebih dari 100 operator komunikasi untuk mengembangkan jaringan 5G.

        Selanjutnya Cisco akan terus berjalan menjadi salah satu konglomerat teknologi dunia. Namun seperti apa fondasi perusahaan dalam waktu ke belakang? Berikut artikel ringkasnya oleh Warta Ekonomi, Rabu (30/6/2021), tentang perusahaan raksasa Cisco Systems.

        Cisco Systems dimulai pada Desember 1984 oleh Leonard Bosack dan Sandy Lerner. Nama Cisco sebenarnya diambil dari nama kota ‘San Francisco’. Pada tahun 1983 kedua pendiri adalah bagian dari Departemen Komputer Stanford dan tertarik untuk menghubungkan jaringan lokal untuk berbagi informasi secara instan.

        Mereka memulai dengan cara yang salah dengan mencuri beberapa perangkat lunak router protokol universitas. Mereka menggunakan perangkat lunak ini untuk bereksperimen membangun router mereka sendiri. Mereka mampu membangun replika yang tepat dari router 'Blue Box' Stanford yang sudah sukses. Pada Juli 1986 Bosack dan kolaborator barunya Kirk Lougheed terpaksa mengundurkan diri dari Stanford atas tuduhan pelanggaran hak cipta dan pencurian.

        Namun segera mereka mampu membuat Cisco IOS mereka sendiri. Pada tahun 1987 mereka dapat memperoleh lisensi asli untuk router dan dua papan komputer lainnya dari Universitas Stanford. Mereka segera menambahkan Greg Satz untuk pemrograman dan Richard Troiano untuk penjualan ke dalam perusahaan mereka.

        Produk pertama mereka adalah router interworking yang mampu mendukung banyak protokol sehingga memungkinkan hubungan antara perangkat keras, arsitektur, jaringan yang berbeda. Perangkat ini mampu menghubungkan semuanya secara efektif mulai dari komputer Apple Macintosh hingga mainframe IBM hingga workstation UNIX. Mereka menjadi perusahaan pertama di dunia yang menyediakan router multi-protokol seperti itu.

        Pada tahun 1987, mereka memiliki penjualan hampir 2 juta dolar AS per bulan. Klien sasaran mereka adalah pusat penelitian, fasilitas pemerintah dan universitas. Pada akhir 1980-an mereka mulai menargetkan pasar komersial. Perangkat berbiaya rendah dan berkinerja tinggi memberi mereka keunggulan kompetitif atas pesaing baru mereka.

        Pada tahun 1988, para pendiri beralih ke Sequoia Capital untuk memberi mereka uang ekstra untuk menjalankan perusahaan. Pada tahun 1990, Cisco go public dan pada tahun itu mereka memperoleh pendapatan hampir 70 juta dolar AS. Dari pendapatan ini mereka memiliki 14 juta dolar AS sebagai keuntungan mereka.

        Dengan perusahaan menjadi publik, manajemen dan CEO diubah untuk membantu pertumbuhan yang lebih cepat. Area fokus utama mereka adalah menemukan klien yang tepat dan meningkatkan layanan pelanggan. Mereka menawarkan produk mereka ke perusahaan besar yang perlu menghubungkan sistem komputer mereka yang tersebar di berbagai tempat seperti kantor pusat, kantor cabang, dan kantor regional.

        Dengan meningkatnya pasar yang membantu pertumbuhan Cisco, pendapatan mereka meningkat dari 180 juta dolar AS pada tahun 1991 menjadi $330 juta pada tahun 1992. Pendapatan mereka telah meningkat sebesar 40 juta dolar AS dalam satu tahun itu sendiri. Cisco dinobatkan sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat kedua oleh Majalah Fortune.

        Segera Cisco melanjutkan untuk mendirikan anak perusahaan di negara-negara seperti Hong Kong, Jepang dan Australia. Pada tahun 1994, 40 persen dari total penjualan mereka berasal dari anak perusahaan internasional. Pada tahun 1994 tenaga kerjanya meningkat menjadi 2.100 orang. Pada tahun 1994 Cisco mencapai tonggak utama dengan mencapai  1,20 miliar dolar AS dalam pendapatan penjualan.

        Itu memiliki keuntungan 310 juta dolar AS yang hampir dua kali lipat dari tahun lalu. Cisco agresif dalam mengakuisisi perusahaan jaringan lain seperti Stratacom, TransMedia Communications, Radiata, Telesend, Netspeed dll. Pada awal abad ke-21 Cisco adalah pemimpin yang tak terbantahkan di dunia jaringan.

        Pada tahun 1998 Cisco mencapai kapitalisasi pasar 100 miliar dolar AS menjadi perusahaan tercepat untuk mencapai tanda itu. Pada tahun 1999, Cisco telah mencapai pendapatan penjualan sebesar 12 miliar dolar AS dalam waktu 15 tahun sejak awal. Pada tahun 2000, Cisco menjadi perusahaan paling berharga ketiga di dunia di belakang Microsoft dan GE dengan kapitalisasi pasar lebih dari 450 miliar dolar AS.

        Pada tahun fiskal 2000, yang berakhir pada tanggal 31 Juli 2000, perusahaan tersebut melaporkan pendapatan bersih yang memecahkan rekor sebesar 2,7 miliar dolar AS pada penjualan dengan total 18,9 miliar dolar AS, tetapi kemudian kehancuran industri dot-com menyusul Cisco. Akibatnya, untuk tahun fiskal 2001 Cisco membukukan kerugian bersih sebesar 1,0 miliar dolar AS dari pendapatan sebesar 22,3 miliar dolar AS. 

        Kerugian terutama berasal dari akumulasi 2,2 miliar dolar AS persediaan yang berlebihan setelah permintaan untuk router dan switch-nya menurun. Masalah terwujud pada kuartal ketiga tahun fiskal 2001 ketika perusahaan membukukan kerugian sebesar 2,7 miliar dolar AS. Selama kuartal keempat, Cisco mengembalikan keuntungan sebesar 7 juta dolar AS, kurang dari 1 persen dari laba kuartal keempat tahun sebelumnya.

        Cisco memulai rebound yang lambat dan tentatif pada tahun fiskal 2002, melaporkan pendapatan sebesar 4,8 miliar dolar AS pada kuartal kedua dan ketiga yang menghasilkan pendapatan bersih masing-masing sebesar 660 juta dolar AS dan 729 juta dolar AS. Jumlah ini mencerminkan peningkatan selama kuartal pertama tahun fiskal 2002 yang mengakibatkan kerugian bersih sebesar 268 juta dolar AS dari pendapatan sebesar 4,4 miliar dolar AS.

        Pada tahun 2013 Cisco memiliki pendapatan hampir 47 dolar AS dan lebih dari 66.000 karyawan. Saat ini Cisco adalah pemasok terkemuka sistem jaringan, produk dan layanan. Dimulai oleh dua pemuda peminat komunikasi pada tahun 1984, saat ini Cisco adalah penyedia solusi jaringan terkemuka di dunia.

        Cisco meluncurkan kampanye re-branding global pertamanya untuk pertama kalinya dalam enam tahun dengan kampanye iklan "TOMORROW dimulai di sini" dan "Internet of Everything". Upaya ini dirancang untuk memposisikan Cisco selama sepuluh tahun ke depan menjadi pemimpin global dalam menghubungkan yang sebelumnya tidak terhubung dan memfasilitasi konektivitas alamat IP orang, data, proses, dan berbagai hal melalui aplikasi dan layanan komputasi awan.

        Sementara itu, untuk tahun fiskal 2018, Cisco melaporkan pendapatan sebesar 1 miliar dolar AS, dengan pendapatan tahunan sebesar 49,3 miliar dolar AS, meningkat 2,8 persen dari siklus fiskal sebelumnya. Saham Cisco diperdagangkan lebih dari 43 dolar AS per saham, dan kapitalisasi pasarnya senilai 213,2 miliar dolar AS pada September 2018.

        Laba Bersih Rendah untuk tahun fiskal 2018 dikaitkan dengan biaya pajak satu kali, yang memungkinkan Cisco untuk membawa kembali modal dari luar negeri. Cisco menggunakan uang yang dapat diperolehnya kembali dengan tarif pajak yang lebih rendah untuk mendanai pembelian kembali dan akuisisi saham.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: