Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Target Audience?

Apa Itu Target Audience? Ilustrasi kerjasama/kesepakatan | Kredit Foto: Pexels/Sora Shimazaki
Warta Ekonomi, Jakarta -

Target audience adalah demografi orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan perusahaan. Target audience adalah sekelompok orang yang diidentifikasi sebagai kemungkinan pelanggan bisnis. Target audience memiliki ciri demografis yang serupa, namun tidak terbatas pada usia, jenis kelamin, lokasi, pendidikan dan status sosial ekonomi.

Mengidentifikasi target audience sebagai bisnis dapat membantu menyusun strategi pemasaran dan menentukan pelanggan inti. Alih-alih menghabiskan uang dan sumber daya untuk mencoba melayani setiap konsumen, mendefinisikan target audience memungkinkan penjangkauan yang lebih disengaja dan pribadi kepada mereka yang kemungkinan besar akan membeli produk atau layanan.

Baca Juga: Apa Itu Electronic Data Interchange?

Cara terbaik untuk menemukan audiens target audience adalah dengan terlebih dahulu memikirkan kebutuhan spesifik yang dipenuhi produk atau layanan.

Penting untuk mengidentifikasi pain point, dan kemudian menentukan siapa yang memiliki pain point tersebut. Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa membuat situs web itu merepotkan dan memulai bisnis yang mendesain situs web, langkah selanjutnya adalah mencari tahu siapa yang membutuhkan situs web yang kemungkinan besar akan kesulitan membuatnya. Dalam skenario ini, audiens target Anda kemungkinan adalah pemilik usaha kecil.

Semakin spesifik mengidentifikasi demografi audiens target, semakin efektif pula seorang pengusaha dapat beriklan kepada mereka. Dalam contoh ini, akan lebih baik untuk fokus pada pemilik usaha kecil yang cenderung kurang sehat secara teknis.

Alih-alih menganggap pemilik usaha kecil sebagai audiens target Anda, Anda dapat memilih untuk fokus pada pemilik usaha kecil di atas usia tertentu di lokasi tertentu.

Jika produk Anda bersifat sangat umum, Anda tidak perlu melakukan banyak riset pasar untuk menemukan audiens target Anda. Jika audiens lebih spesifik, penting untuk mengumpulkan data tentang pelanggan Anda sehingga Anda dapat mempersempit fokus.

Salah satu cara untuk mengumpulkan data adalah dengan menawarkan harga khusus atau kode kupon kepada mereka yang mengunjungi situs web atau bisnis Anda jika mereka mengisi survei yang menangkap informasi yang Anda butuhkan.

Target audience membantu bisnis beriklan secara lebih efisien karena mengetahui siapa target Anda dan cara menjangkau mereka. Meskipun penting untuk menjangkau sebanyak mungkin orang, Anda perlu menjangkau calon konsumen secara langsung.

Menjangkau secara langsung mereka yang tertarik dengan produk atau layanan Anda akan menghasilkan lebih banyak uang.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan apa pesan dan bagaimana menyampaikannya, perlu memahami siapa yang akan menerima. Agar orang-orang membeli suatu produk atau layanan, mereka perlu berhubungan dengan nada dan isi pesan tersebut.

Meski demikian, salah satu kelemahan dari target audience adalah perusahaan mungkin menjadi terlalu fokus pada target audiens yang ditentukan sehingga mengabaikan konsumen potensial lainnya.

Bahkan target audience yang diteliti dengan baik mungkin keliru mengecualikan orang-orang yang tertarik dengan produk atau layanan, jadi penting untuk menggunakan target audience sebagai dasar, bukan akhir segalanya. Saat penawaran produk dan layanan mulai berkembang, penting untuk terus mengevaluasi kembali target audience Anda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: