Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Puan: Pandemi Covid-19 jadi Alarm Pentingnya Kerjasama Hadapi Masalah Global

Puan: Pandemi Covid-19 jadi Alarm Pentingnya Kerjasama Hadapi Masalah Global Kredit Foto: DPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak seluruh dunia untuk terus menjalin kerjasama dalam hal kebencanaan. 

Ia menyebut, pandemi Covid-19 yang kini masih terjadi di berbagai belahan bumi menjadi pengingat pentingnya saling bekerjasama antar negara.

"Pandemi Covid-19 telah menjadi wake up call akan pentingnya upaya dan kerja bersama dalam menghadapi masalah-masalah global," kata Puan Maharani saat memberikan pidato kunci dalam Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali, Kamis (26/5/2022). 

GPDRR merupakan pertemuan global khusus kebencanaan. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelenggarakan agenda tersebut setiap dua tahun sekali dan kali ini Indonesia kebagian sebagai tuan rumah. 

Puan mengatakan, pertemuan internasional yang fokus membahas mitigasi bencana ini merupakan upaya  bersama dalam membangun komitmen sebagai warga bangsa di bumi ini.

Komitmen antar bangsa dan negara sudah sering dilakukan dalam berbagai forum, kerjasama, dan pertemuan. Bahkan komitmen memajukan kepentingan bersama dan kerjasama telah dilakukan sejak Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

"Diperlukan upaya bersama dalam menyelesaikan permasalahan global seperti kerentanan pangan, energi, air bersih  sanitasi, dan kelestarian alam," kata politisi PDI-P ini di hadapan delegasi berbagai negara.

Persaingan ekonomi global dan perkembangan industri, lanjut Puan, telah menciptakan gap antar negara dalam mengeksploitasi alam, pemanfaatan teknologi, dan jalannya pembangunan yang berkaitan dengan lingkungan hidup seperti infrastruktur, perumahan, irigasi, pertanian, kehutanan, dan lain sebagainya.

Halaman:

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan