Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: BMW, Pabrikan Otomotif Mewah dari Tanah Bavaria

        Kisah Perusahaan Raksasa: BMW, Pabrikan Otomotif Mewah dari Tanah Bavaria Kredit Foto: Reuters/Andreas Gebert
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Bayerische Motoren Werke atau populer sebagai BMW adalah perusahaan manufaktur mobil yang berbasis di Jerman. BMW sekaligus menjadi rumah pabrikan mobil dan sepeda motor mewah papan atas dunia. 

        BMW juga menjadi perusahaan induk dari manufaktur langganan kerajaan yang sangat dihormati, Rolls-Royce Motor Cars. Perusahaan saat ini memproduksi dan memproduksi mobil dan sepeda motor, dengan yang terakhir dikirim di bawah BMW Motorrad. Perusahaan ini membentuk trio pabrikan mobil mewah yang populer disebut sebagai "3 Besar Jerman", dengan Audi dan Mercedes-Benz menjadi dua lainnya.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Gazprom, Taipan Migas Kaya Raya Warisan Uni Soviet

        BMW menjadi salah satu manufaktur raksasa dunia yang tercatat dalam Global 500 milik Fortune. Posisinya kini berada di urutan ke-56 di tahun 2020, dengan total pendapatan per tahunnya sebesar 116,63 miliar dolar AS, lebih tinggi 1,4 persen dari tahun sebelumnya.

        Sayangnya, kebahagiaan BMW di tahun 2020 ini sedikit ternoda. Pasalnya keuntungan perusahaan raksasa ini sangat anjlok. Laba bersih yang berhasil diperoleh di tahun ini hanya 5,50 triliun dolar AS atau mengalami kontraksi hebat minus 34 persen. 

        Jika ditarik ke belakang, BMW punya asal usul yang cukup kuat. Menjadi salah satu perusahaan tertua di dunia, BMW tumbuh dan kembang di bawah banyak kepemimpinan dan berbeda masa. 

        Dalam kesempatan Jumat (23/10/2020) ini, Warta Ekonomi kembali mengulas kisah perusahaan raksasa dunia versi Global 500 Fortune. Untuk lebih jelasnya, simak artikel sebagai berikut.

        Akar perusahaan BMW bisa digali kembali pada sekira 1913. Ketika itu, Karl Rapp --pemilik Rapp-Motorenwerke-- mulai membangun mesin pesawat untuk Austria mengantisipasi Perang Dunia I. 

        Seorang inspektur jenderal tentara Kaisar Franz Josef bernama Josef Popp merupakan pelanggan utama pabrikan milik Rapp. Karena hubungan dekat dengan Rapp, Popp kemudian mempekerjakan Max Friz yang berprofesi sebagai perancang mesin pesawat dari Austro-Daimler. 

        Kerja sama ketiganya membuahkan hasil. Pada sekira 1917, Rapp bersama Popp dan Friz mendirikan Bayerische Motoren Werke di Munich, Jerman. Ini merupakan buah dari ide-ide teknik Rapp. 

        Sebagai seorang militer, Popp juga merupakan seorang insinyur kemudian bertanggung jawab atas administrasi BMW. Sementara Friz sendiri bertugas sebagai desainer senior. Seorang rekan selanjutnya, Camillo Castiglioni dari Wina kemudian berperan mengurus keuangan perusahaan. Ketiganya memulai usaha di pabrik lama milik Rapp.

        Seiring berjalannya waktu, ketiga pria tersebut memindahkan pabrik rakitan ke Moosacher Strasse, juga di Munich, pada 1918. Di bengkel baru ini, Friz merancang dan membangun mesin pesawat pertam aperusahan.

        Minat BMW dalam pembuatan sepeda motor berkembang pesat pada awal 1920-an. Model pertama, R32, terdiri atas mesin kembar datar dan poros penggerak yang ditempatkan dalam rangka tabung ganda, dengan katup dalam susunan terbalik untuk menjaga kebersihan oli. 

        Ernst Henne, mengendarai R32, memecahkan rekor kecepatan sepeda motor dunia pada 279,5 kpj (173,35 mph) pada 1929. Rekornya dipegang hingga 1937.

        Ketika Hitler mengambil alih kekuasaan pada 1933, BMW, bersama dengan perusahaan otomotif Jerman lainnya, diminta untuk membuat mesin pesawat untuk angkatan udara baru, Luftwaffe. Pada tahun yang sama, BMW memperoleh lisensi untuk memproduksi mesin Hornet bertenaga 525 tenaga kuda dan untuk mengembangkan mesin radial kecil untuk pesawat sport.

        Awal 1936, model 326 diluncurkan dalam versi sedan dan convertible. Semua bodi baja 327 juga diperkenalkan tahun itu. Bulan September Popp meluncurkan produksi standar 328, yang terbukti menjadi mobil sport tercepat pada masanya. Rancangannya itu memenangkan perlombaan Mille Miglia Italia pada 1938.

        Dekrit Kementerian Penerbangan Jerman tahun 1939 mewajibkan Brandenburgische Motorenwerke bergabung dengan BMW, sehingga pabrik baru, Allach, dibangun dengan uang pemerintah.  Bangunan Allach, yang terletak di hutan dekat Munich, dibangun dalam jarak satu sama lain untuk meminimalkan kerusakan jika terjadi serangan udara.

        BMW memainkan peran penting dalam upaya perang Jerman dan pada puncak dominasi Nazi, perusahaan itu mengoperasikan pabrik hingga Wina dan Paris. Dalam dua bidang penting teknologi militer, BMW berada di garda depan

        Dengan bimbingan Dr. Hermann Oestrich dari pusat uji penerbangan Jerman, perusahaan mengembangkan 003, mesin jet pertama yang memasuki produksi standar. Dan, dalam kondisi kerahasiaan yang intens, itu membuka pabrik pengujian dan produksi roket di Zuhlsdorf.

        Setelah kekalahan Nazi, Komando Sekutu memerintahkan pembongkaran banyak fasilitas BMW. Pada saat yang sama, rekonstruksi Jerman yang sekarang terpecah sedang berlangsung.

        Pada tahun-tahun pascaperang segera, hanya sedikit orang Jerman Barat yang mampu membeli mobil, tetapi pada 1948, tahun reformasi mata uang Jerman, ada kebutuhan besar akan sepeda motor. 

        BMW memproduksi model baru dari suku cadang yang disediakan oleh dealer. Dikenal sebagai R24, sepeda motor ini mulai diproduksi dan pada 1949 hampir 10.000 mesin keluar dari jalur perakitan. Produksi tahun 1950 meningkat menjadi 17.000, 18 persen di antaranya diekspor.

        Kekayaan perusahaan sedikit pulih pada akhir 1950-an selama era 'mobil gelembung'. Mobil mini Isetta, yang panjangnya hanya 2,29 meter (7,51 kaki) dan dilengkapi dengan mesin sepeda motor, mencapai kecepatan 53 mph. Sayangnya, minat pelanggan pada mesin itu berumur pendek, tetapi hal itu memungkinkan BMW untuk menutup sebagian kerugiannya baru-baru ini.

        Nasib BMW semakin membaik dengan peluncuran model 1500-nya. Memang, sedan sport pertama ini mengamankan keunggulan perusahaan di pasar otomotif di masa mendatang. Neraca keuangan menunjukkan keuntungan sebesar 3,82 juta deutsche mark pada 1963 dan enam persen dividen telah dibayarkan. 

        Pada akhir dekade, pemegang saham perusahaan yang telah lama menderita jauh lebih bahagia. Sembilan model lagi telah diperkenalkan, penjualan untuk 1969 mencatat rekor baru 144.788 mobil, dan omset mencapai 1,4 miliar deutsche mark.

        Tahun 1970-an, periode pertumbuhan dramatis di Eropa Barat, terbukti menjadi masa reorganisasi dan pengembangan yang signifikan di BMW. Selama beberapa tahun, perusahaan telah menjadi produsen utama mesin mobil balap dalam klasifikasi yang dikenal sebagai Formula 2. Perusahaan sekarang memutuskan untuk bersaing di pasar Formula 1 juga.

        Pabrik Steyr di Austria mulai beroperasi pada awal 1980-an sebagai produsen mesin diesel bermuatan turbo. Pada pertengahan 1980-an, pabrik tersebut menjadi produsen mesin bensin utama dan dengan kapasitas penuh dapat menghasilkan 150.000 mesin setahun. 

        Penjualan mobil BMW selama dekade 1970-an dan 1980-an meningkat seiring dengan permintaan akan model-model dengan harga lebih tinggi. Penjualan domestik yang sehat ditingkatkan oleh keberhasilan anak perusahaan asing.Pada tahun 1984, misalnya, BMW di Amerika Utara menjual 71.000 mobil.

        Di sisi lain, penjualan sepeda motor mengalami penurunan. Pengangguran tinggi, suku bunga tinggi, dan pembatasan pinjaman menurunkan daya beli pasar sepeda motor yang penting dan persaingan dari Jepang menjadi sengit.

        Saat perusahaan memasuki dasawarsa 1990-an, persaingan dari pabrikan mobil Jepang mungkin merupakan ancaman terbesar bagi pertumbuhan masa depan BMW. Mengadopsi karakteristik desain dari model-model mewah Eropa, mobil-mobil produksi Jepang dengan kualitas serupa, namun menjual mobil-mobil itu dengan harga yang jauh lebih rendah daripada yang ditawarkan oleh pabrikan Eropa, termasuk BMW.

        Memperparah kesengsaraan BMW, kondisi ekonomi di Eropa memburuk selama awal 1990-an, menandakan hasil keuangan yang suram untuk tahun-tahun mendatang. Terlepas dari perkembangan yang tidak menyenangkan ini BMW menunjukkan keperkasaan yang hanya dapat dikumpulkan oleh beberapa pabrikan mobil Eropa lainnya, berkat penjualan yang tinggi selama 1980-an dan utang yang relatif kecil. 

        Penurunan paling mencolok dalam pertumbuhan perusahaan terjadi di operasi AS ketika Jepang melakukan pukulan pertama mereka di pasar mobil mewah, dan kekuatan merek Jerman terhadap dolar memperlambat penjualan dan menekan margin keuntungan. Pada 1992, BMW di Amerika Utara mencatat penurunan 50 persen dalam penjualan dari tahun-tahun puncak anak perusahaannya di pertengahan 1980-an.  

        Manajemen BMW menganggap situasi AS sebagai pertanda buruk bagi operasinya di Eropa. Untuk memperkuat posisinya di negeri itu, perusahaan mengumumkan rencana tahun itu untuk membangun sekitar  300 juta dolar AS pabrik perakitan di dekat Spartanburg, Carolina Selatan, melalui peralatan canggih pabrik, dirancang untuk memproduksi 72.000 mobil setahun. 

        Pada 1993, BMW dipimpin pejabat baru, Bernd Pischetsrieder. Di bawah pengawasan Pischetsrieder, BMW menyelesaikan akuisisi penting yang berjanji akan mengubah masa depan perusahaan secara dramatis dan memperkuat posisinya di seluruh dunia. 

        Pada Januari 1994, kurang dari setahun setelah mendapatkan kendali atas BMW, Pischetsrieder mengumumkan akuisisi oleh BMW dari Rover Group, pabrikan kendaraan sport (SUV) dan Rover Cars Inggris yang terkemuka. Pembelian tersebut, dengan kesepakatan senilai 1,2 miliar dolar AS. Dengan segera hasil itu melipatgandakan pangsa pasar BMW di pasar Eropa menjadi 6,4 persen dan memberikan perusahaan kehadiran yang bergengsi di pasar SUV, yang tumbuh secara melambung selama awal 1990-an

        Pembelian Rover Group mengejutkan industri otomotif, terutama Honda Motor Company, yang memegang 20 persen sisa saham di pabrikan mobil Inggris dan tidak mengetahui pembelian BMW sampai tiga hari sebelum pengumuman Pischetsrieder.

        Prospek BMW setelah akuisisi Rover Group sangat cerah. Dengan tambahan Grup Rover, BMW tidak hanya memperoleh akses ke pasar SUV yang berkembang pesat, tetapi juga bisnis Mobil Rover yang bervolume tinggi.

        Bencana membayangi saat BMW memasuki tahun terakhir 1990-an, tahun yang berakhir dengan kerugian 1 miliar dolar AS lainnya yang dicatat oleh Rover Cars. Pada Februari 1999, rapat dewan dilakukan untuk menentukan nasib Grup Rover.

        Pada akhir pertemuan, Pischetsrieder telah mengundurkan diri, begitu pula wakil dan pewarisnya, Wolfgang Reitzle, meninggalkan kekosongan kepemimpinan yang diisi oleh Joachim Milberg yang kurang dikenal, seorang akademisi yang bergabung dengan BMW hanya enam tahun sebelumnya. 

        Dengan Milberg sebagai penanggung jawab, BMW terus menderita baik dari kerugian yang ditimbulkan oleh Rover Cars maupun dari gangguan yang disebabkan oleh anak perusahaan Inggris tersebut, yang berdampak buruk pada kemajuan bisnis mobil mewah BMW. 

        Sementara itu, penjualan Mobil Rover turun sekitar 25 persen pada 1999, tahun di mana peluncuran Rover 75, sebuah sedan mewah seharga 30.000 dolar AS, ditunda selama enam bulan. Sebagai tanggapan, semakin banyak staf penelitian dan pengembangan BMW yang dikirim untuk mengembangkan model baru dan meningkatkan kualitas produksi di Rover, tetapi upaya penyelamatan terjadi pada saat perusahaan berada di bawah tekanan besar untuk mengembangkan model BMW baru. 

        Bisnis sedan mewah BMW mulai mengalami gangguan, karena Mercedes mengalahkan BMW di pasar AS yang menguntungkan pada 1999. Di Eropa, pangsa pasar perusahaan turun menjadi 3,1 persen, turun dari 3,4 persen yang dimiliki perusahaan pada 1996.

        Saat BMW memasuki abad ke-21, perjuangan untuk menghidupkan kembali Mobil Rover terus berlanjut. Untuk menunjukkan komitmennya, Milberg mengumumkan rencana untuk berinvestasi sekitar 5,3 miliar dolar AS di Rover Cars antara tahun 2000 dan 2005, investasi yang mewakili sepertiga dari total pengeluaran yang diproyeksikan BMW selama periode tersebut.

        Pada Maret 2000, perusahaan telah mengakui kekalahan dan mengumumkan akan menghentikan usahanya di Rover Cars. Selama enam tahun kepemilikan BMW, ia menghabiskan sekitar 4,4 miliar ddolar AS untuk Rover Cars. 

        Keputusan untuk membuang Rover Group menyebabkan biaya restrukturisasi sebesar 2,85 miliar dolar. Hasil ini juga membuat membuat Milberg memiliki tugas berat untuk merumuskan masa depan BMW di era pasca-Rover.

        Milberg juga berencana untuk mengembangkan BMW entry-level di segmen harga menengah untuk mengambil Golf Volkswagen senilai 14.000 dolar AS, yang mendominasi segmen harga menengah di Eropa. 

        Rencana perusahaan juga menyerukan pengembangan merek mewah Rolls-Royce, yang akan berada di bawah kendali BMW pada 2003. Ketika perusahaan terus maju, di tengah spekulasi bahwa ia akan diakuisisi oleh pesaing yang lebih besar, hanya sedikit kepastian tentang masa depannya. Menjadikan tahun-tahun pertama abad ke-21 sebagai periode kritis dalam sejarah BMW.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: