Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kurangi Minum Kopi untuk Menambah Energi dan Ganti dengan Minuman yang Jauh Lebih Sehat Ini

Kurangi Minum Kopi untuk Menambah Energi dan Ganti dengan Minuman yang Jauh Lebih Sehat Ini Kredit Foto: Unsplash/Nigel Msipa
Warta Ekonomi -

Kopi merupakan salah satu minuman berkafein yang paling banyak dicari ketika seseorang merasa lelah dan ingin kembali berenergi. Akan tetapi, kopi ternyata bukan minuman nomor satu yang dapat menjaga tubuh tetap berenergi.

Menurut ahli gizi Molly Kimball RD CSSD, minuman nomor satu yang dapat menjaga tubuh tetap berenergi adalah air putih. Molly mengatakan, konsekuensi tersering dari kekurangan asupan air putih adalah munculnya perasaan lemah dan lelah.

Baca Juga: Ternyata Dampak Diabetes pada Pria dan Wanita Berbeda! Diabetes pada Pria Berdampak...

Sayangnya, tak banyak orang yang menyadari bahwa air putih lebih dari sekedar minuman yang memberikan perasaan segar. Asupan air putih yang cukup berepran dalam meningkatkan energi dan menjaga agar fungsi-fungsi tubuh dapat berfungsi secara optimal.

Sebagian orang mungkin kurang begitu menyukai rasa air putih yang tawar. Hal ini dapat disiasati dengan menambahkan potongan buah segar agar air putih tak terasa membosankan.

Selain membuat tubuh lebih berenergi, minum air putih juga dapat mempunyai beragam manfaat lain. Seperti dilansir EatThis, belum lama ini, salah satu di antaranya adalah membantu penurunan berat badan.

Menurut studi, otak terkadang memunculkan perasaan lapar ketika tubuh sebenarnya membutuhkan asupan cairan. Akibatnya, seseorang yang sebenarnya haus berpikir bahwa dirinya sedang lapar, kemudian mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh. Kondisi ini dapat dihindari bila tubuh mendapatkan asupan air putih yang cukup.

Baca Juga: Rekomendasi Skrining Awal Diabetes Dipercepat pada Usia 35 Tahun, Mengapa Demikian?

Di samping itu, minum segelas air putih sebelum makan besar juga dapat membantu menekan nafsu makan. Menurut studi, metode minum air putih sebelum makan dapat membantu orang-orang mengurangi asupan kalori sekitar 13 persen.

Di samping itu, air putih juga bisa membantu meningkatkan metabolisme. Menurut studi dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, memperbanyak asupan air putih sekitar 503 ml dapat meningkatkan laju metabolisme hingga 30 persen.

Untuk kecantikan kulit, minum air putih dapat membuat hidrasi tubuh terjaga dengan baik. Hidrasi yang baik akan tampak pada tampilan kulit yang lebih bersinar. Sebaliknya, kekurangan asupan air putih dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam, serta mengakibatkan kerutan menjadi lebih dalam.

Baca Juga: Duh Aduh… Penderita Diabetes Jangan Sampai Dehidrasi, Bahayanya Sungguh Mengerikan!

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan