Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Mengenal Lebih Jauh Digital Marketing

        Mengenal Lebih Jauh Digital Marketing Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kita semua pasti sering melihat iklan yang tampil di layar smartphone saat sedang asik menonton sebuah tayangan di media sosial. Di zaman sekarang, pemasaran suatu produk sudah jarang memakai cara tradisional seperti memasang papan iklan, melainkan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi terbaru.

        Melalui smartphone, kita diberi kemudahan dalam mengakses segala bentuk informasi terkini. Hal itu yang menjadi kesempatan bagi para pengembang bisnis untuk bisa memasarkan produk mereka. Cara memasarkan produk seperti itu dikenal dengan istilah digital marketing.

        Bagi kamu calon seorang marketer dan pengembang usaha, patut mempelajari jenis pemasaran ini. Namun, apa kamu tahu pengertian dan ragam jenis digital marketing? Dan bagaimana pemasaran ini dapat bekerja dengan optimal? Mari kita kupas lebih dalam mengenai digital marketing.

        Baca Juga: Sri Mulyani Mau Tarik Pajak Raksasa-raksasa Digital, Eh AS Malah Ngambek

        A. Pengertian Digital Marketing

        I. Apa Itu Digital Marketing?

        Secara umum, digital marketing adalah sebuah teknik pemasaran suatu produk menggunakan ragam media digital dan dapat diakses melalui layanan internet. Pengertian digital marketing, menurut Chaffey (2002:14), adalah sebuah bentuk penerapan dari teknologi digital yang membentuk online channel ke pasar (berbentuk website, e-mail, dan media sosial lainnya) yang memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemasaran sehingga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan mempertahankan konsumen.

        Sedangkan, menurut Urban (2002:14), digital marketing adalah penggunaan internet dan teknologi komunikasi sebagai peningkatan fungsi metode pemasaran yang tradisional. Utamanya, digital marketing tidak lepas dari perkembangan teknologi dan akan selalu beradaptasi.

        II. Sejarah Digital Marketing

        Perlu kamu ketahui, kemunculan digital marketing tidak lepas dari penemuan komputer personal. Pada dekade 1980-an, perusahaan teknologi IBM meluncurkan komputer personal pertama di dunia. Walaupun kapasitasnya masih sederhana, kemunculan komputer personal menjadi lompatan besar bagi dunia teknologi di periode selanjutnya.

        Memasuki 1990, istilah digital marketing diperkenalkan untuk pertama kalinya di hadapan publik, disusul dengan diciptakannya World Wide Web (WWW) pada 1991. Kemunculan World Wide Web ternyata mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Hasilnya, dua tahun kemudian sebuah iklan online berhasil dibuat. Apabila banner iklan tersebut di-klik, kita akan langsung menuju laman promosi suatu produk.

        Tahun 1994, Yahoo! meluncurkan e-commerce pertama bagi 16 juta pengguna internet. Hal tersebut menjadikan Yahoo! sebagai raksasa bisnis pada masa itu. Empat tahun kemudian, mesin pencari Google lahir di tengah dominasi Yahoo! yang menguasai dunia internet.

        Di era itu, banyak perusahaan kemudian baru menyadari kalau mereka dapat menggunakan dunia digital untuk mendapatkan data sebanyak mungkin sehingga bisa meningkatkan keuntungan.

        Baru pada akhir dekade 90-an, sebuah perusahaan software berbasis awan salesforce.com menjalankan konsep Software-as-a-Service (SaaS) yang memproduksi software sebagai penyedia layanan bagi para penggunanya. Periode 90-an menjadikan tahun-tahun terpenting dalam perkembangan dunia internet yang berpengaruh terhadap metode pemasaran.

        Dunia digital berkembang pesat di era 2000-an, di mana seperti yang kita ketahui muncul banyak layanan digital seperti Facebook, Amazon, Youtube yang bersamaan dengan tren teknologi terbaru.

        Perilaku orang dalam melakukan transaksi pun mengalami perubahan. Hanya dengan menggunakan telepon genggam, calon pembeli dapat menghubungi toko yang akan dituju. Di Indonesia sendiri, Tokobagus.com didirikan pada 2005 dan menjadi situs pertama yang menyediakan layanan untuk menjual dan membeli secara online.

        III. Perbedaan Traditional Marketing dan Digital Marketing

        Di saat kamu berada di jalan raya pasti pernah melihat papan iklan, entah berbentuk gambar atau video. Atau kamu kerap menjumpai selebaran iklan yang ditempel di tembok sebuah bangunan? Kedua hal tersebut merupakan bentuk dari traditional marketing.

        Namun, apabila kamu melihat tayangan iklan saat tengah berselancar di media sosial, itu berarti kamu menyaksikan bagaimana konsep digital marketing bekerja.

        Saat ini, metode pemasaran tradisional mulai ditinggalkan karena dianggap tidak dapat menjangkau target pasar lebih luas dan membutuhkan biaya yang lebih besar. Ditambah lagi, animo masyarakat terhadap internet semakin besar sehingga marketers mulai meninggalkan cara pemasaran konvensional.

        IV. Manfaat Digital Marketing

        Digital marketing memiliki banyak keunggulan, di antaranya penyebaran yang cepat, jangkauan geografis yang luas, serta biaya yang murah.

        Selain itu, penggunaan metode digital marketing dapat mengetahui berapa lama iklan video produk kamu telah ditonton dan memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengonversi penjualan dari setiap iklan. Keunggulan tersebut akhirnya membuat banyak perusahaan beralih menggunakan metode digital marketing.

        V. Cara Kerja Digital Marketing

        Digital marketing merupakan suatu upaya yang membutuhkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Dalam mempromosikan suatu produk, kamu perlu untuk memahami penerapannya agar bisa berjalan dengan efektif.

        Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses optimisasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Jika kamu mendapatkan posisi tertinggi dalam daftar pencarian, maka website-mu akan berpotensi banyak dikunjungi pencari.

        Kamu juga perlu menentukan jika produkmu akan dipromosikan melalui organic marketing (tidak berbayar) atau paid marketing (berbayar). Organic marketing mempromosikan produkmu melalui tautan akun marketplace. Jenis ini tidak membutuhkan biaya untuk membuat website atau membayar layanan iklan, cukup hanya dengan mencantumkan nomor telepon. Sedangkan, sistem paid marketing mempromosikan produkmu melalui layanan berbayar seperti Google Ads.

        Berhasil atau tidaknya bisnis kamu juga bergantung pada nama besar brand dan kepercayaan konsumen. Hal itu dapat diatasi dengan membuat sebuah konten sehingga akan mendorong konsumen agar tetap percaya dan loyal terhadap bisnis kamu.

        VI. Alat Bantu (Tools) Digital Marketing

        Sebuah upaya akan berhasil jika terdapat sarana penunjang untuk bisa mencapai sebuah tujuan. Begitu pula halnya digital marketing yang memerlukan sejumlah alat untuk dapat bekerja dengan efektif. Bagi kamu yang akan terjun ke dunia digital marketing perlu mengetahui sejumlah alat bantu berikut:

        Email adalah sarana kirim-mengirim surat melalui media elektronik. Keberadaan email sudah lama sejak diciptakannya internet. Kamu dapat membangun hubungan dengan calon pelangganmu serta mengarahkannya untuk kemudian membeli produkmu. Email juga bisa menjadi sarana konten pemasaran produkmu dengan mencantumkan profil perusahaan dan membuat deskripsi produkmu.

        Bagi kamu pengguna blog atau webmaster, Google Search Console (GSC) merupakan sarana yang disediakan Google yang berguna untuk mememantau trafik situs dan mengoptimalkan keterlihatan situs website.

        Jika kamu akan fokus terhadap digital marketing, GSC dapat kamu gunakan untuk menganalisis bentuk pemasaran yang ideal dengan menggunakan sejumlah fitur yang akan diberikan oleh Google.

        Menggunakannya cukup mudah. Hanya dengan sign-in ke akun Google-mu, kemudian buka Google Webmaster Tools dan klik 'add a property'. Setelah itu pilih 'website' dan masukan URL website, lalu tekan 'continue'. Setelah itu, kamu dapat memilih cara untuk memeriksa website tersebut.

        Jika GSC membantu kamu untuk optimalisasi, Google Analytics berfungsi untuk menganalisis statistik pengunjung sebuah website. Alat ini terintegrasi dengan platform iklan dan pemasaran milik Google (termasuk Google Ads, Search Console, dan Data Studio) dan menjadikannya pilihan populer bagi siapa saja yang akan menggunakan alat bantu milik Google.

        Sebelum kamu mulai menggunakan Google Analytics, kamu harus masuk ke akun Google terlebih dahulu. Setelah kamu membuat akun Google, bukan berarti kamu secara otomatis memiliki akses ke Google Analytics atau sebaliknya. Kamu harus mendaftar ke Analytics.

        Setelah itu, kamu dapat membuat akun Google Analytics. Selanjutnya tambahkan nama, URL, dan industri situs web yang ingin kamu lacak. Lalu, tambahkan tampilan ke properti kamu. Kemudian tambahkan kode pelacakan. Kunjungi portal Google Analytics kamu dan verifikasi bahwa kode tersebut berfungsi.

        GMB adalah alat bantu yang disediakan Google yang memungkinkan kamu mengelola tampilan bisnis di penelusuran Google. Hal itu termasuk menambahkan nama bisnis, lokasi, dan jam kerja kamu; memantau dan membalas ulasan dari pelanggan; menambahkan foto, dan banyak lagi.

        Untuk bisa mengakses GMB, kamu perlu masuk ke akun Google yang berhubungan dengan bisnis yang akan kamu tampilkan. Kemudian buka google.com/business dan pilih 'mulai sekarang' di pojok kanan atas. Langkah selanjutnya, memasukan nama bisnis kamu.

        Setelah kamu melakukan verifikasi, kamu harus mengoptimisasi GMB. Buka kolom GMB, klik daftar yang ingin kamu kerjakan, pilih 'info', lalu pilih bagian untuk diisi atau diperbarui. Tambahkan informasi dan keterangan yang dibutuhkan, seperti foto lokasi, waktu dan tanggal buka, serta nomor telepon.

        Dalam dunia digital marketing, salah satu faktor keberhasilannya adalah dengan melihat jumlah klik terhadap iklan yang ditayangkan. Google Ads adalah platform periklanan berbayar yang berada di bawah saluran pemasaran yang dikenal sebagai Paid Per Click (PPC), di mana kamu sebagai pengiklan diwajibkan membayar per klik atau per tayangan pada sebuah iklan.

        Keuntungan menggunakan Google Ads, yaitu pengiklan dapat menghasilkan US$8 (Rp118.602) untuk setiap US$1 (Rp14.825) yang mereka belanjakan di Google Ads. Jadi, ada beberapa alasan mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk beriklan di Google.

        Menggunakan Google Ads sangat mudah, kamu perlu mengikuti langkah–langkah yang diberikan. Setelah kamu mengunjungi situs Google Ads dan klik 'mulai sekarang', kamu akan dibawa melalui serangkaian langkah untuk mengaktifkan dan menjalankan iklan kamu. Jika, kamu memiliki salinan iklan dan/atau gambar yang dibuat, persiapannya tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit.

        VII. 5 Tips Digital Marketing

        Dilansir dari situs wearesocial.com pada 2019, terdapat lebih dari empat miliar pengguna internet di seluruh dunia, dan lebih dari 3,4 miliar pengguna media sosial aktif. Hal itu menjadi alasan digital marketing sangat penting untuk menjangkau audiens yang lebih besar daripada yang dapat kamu lakukan melalui metode tradisional.

        Selain itu, digital marketing dapat membantu kamu untuk mendapatkan prospek yang lebih baik, dan pada akhirnya mendapatkan konsumen yang setia. Namun, dalam memulai perjalanan pemasaran digital, terutama sebagai perusahaan baru atau perusahaan kecil, terkadang dapat membuatmu kewalahan dan frustrasi. Untuk itu, ada beberapa tips bagi kamu yang hendak memulai digital marketing.

        • Kenali Jenis Usaha dan Bisnismu

        Sebagai pelaku usaha, kamu perlu mengetahui jenis dan produk yang akan dipasarkan, apakah itu barang pokok atau sekunder sehingga akan berdampak pada penentuan target pemasaran.

        • Tentukan Target Pemasaran

        Setelah mengenali jenis produkmu, langkah selanjutnya adalah memilih target pemasaran. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengatur beberapa situs yang dikunjungi oleh pelanggan.

        Sementara memosisikan situs sebagai media publikasi yang memiliki kelebihannya sendiri, memasukkan strategi SEO ke dalam pemilihan topik dan penulisan situs kamu adalah cara terbaik untuk pertumbuhan lalu lintas jangka panjang.

        • Personalisasi Konten

        Personalisasi konten kamu untuk membedakan bisnis kamu dari pesaing dan menciptakan pengalaman konsumen yang lain dari biasanya.

        • Cobalah Hal yang Baru

        Jika kamu melihat ada sesuatu yang bisa berdampak lebih baik, kamu perlu mencoba sesuatu yang baru. Ini dapat berlaku untuk proses internal dalam tim kamu atau dengan upaya pemasaran digital kamu. Misalnya, ketika kamu merilis serangkaian konten bertema yang akan membuat konsumen kamu datang kembali dan tetap loyal.

        B. Jenis–Jenis Digital Marketing

        Setelah mengetahui seluk-beluk mengenai digital marketing, kini saatnya kamu untuk mempelajari ragam jenis dari digital marketing yang variatif, antara lain sebagai berikut:

        I. SEO

        Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi untuk memastikan bahwa ketika seseorang mencari kategori produk atau layanan tertentu di Google, mereka menemukan situs web kamu. SEO berfungsi untuk menentukan urutan dan keterlihatan situs kamu sehingga memudahkan pencari untuk dapat melihat serta mengakses produk milikmu.

        SEO memiliki cara kerja yang cukup unik. Agar situs web kamu mendapat peringkat, tiga hal harus terjadi: pertama, mesin pencari perlu menemukan halaman situs kamu di web. Kemudian, SEO akan memindai untuk memahami topik mereka dan mengidentifikasi kata kunci mereka. Dan terakhir, ia perlu menambahkannya ke indeksnya–sebuah database dari semua konten yang ditemukan di situs web.

        Dengan cara ini, algoritmanya dapat mempertimbangkan untuk menampilkan situs kamu untuk menjawab pertanyaan yang relevan. Tampak sederhana, bukan? Tentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lagi pula karena kamu dapat mengunjungi situs kamu sendiri tanpa masalah, begitu juga dengan Google, bukan? Sayangnya, terdapat kendala. Halaman web terlihat berbeda untuk kamu dan mesin pencari.

        Kamu akan melihatnya sebagai kumpulan grafik, warna, teks dengan formatnya, dan tautannya. Bagi mesin pencari, hal itu bukanlah sebuah teks. Akibatnya, elemen apa pun yang tidak dapat dibaca dengan cara ini, tetap tidak terlihat oleh mesin pencari. Jadi, meskipun situs web kamu terlihat bagus bagi dirimu, Google mungkin akan memperlihatkan bahwa kontennya tidak dapat diakses.

        Dalam dunia SEO, terdapat domain situs yang terpilih untuk ditampilkan saat mesin pencari menampilkan web kamu dalam pencarian. Hal tersebut dinamakan preferred domain atau domain yang lebih disukai oleh mesin pencari.

        Dalam kerjanya, SEO akan mengenali dan menyimpan situs web kamu, atau disebut sebagai crawling dan indexing. Crawling adalah proses bagaimana SEO dapat menelusuri sebuah situs web, sedangkan indexing adalah proses pencatatan setiap sinyal yang akan menjadi penilaian urutan pada hasil pencarian. Proses crawling memerlukan robot.txt, yaitu sebuah file untuk memprogram SEO mengenai bagaimana sebuah situs web harus ditelusuri.

        Bagi orang awam, URL hanyalah sebuah file yang menyimpan sebuah halaman web di internet. Bagi seorang ahli SEO, hal itu sebenarnya menyimpan lebih banyak informasi ketimbang hanya lokasi halaman web. Ini memberikan sinyal informatif yang membantu mesin pencari untuk memahami konten halaman, tujuannya, dan target pasarnya.

        Selain URL, site map XML adalah file yang menyediakan daftar URL untuk mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk dirayapi. Site map XML dapat berisi atribut yang memberikan informasi tambahan tentang setiap URL untuk crawler. Site map adalah bagian penting dalam mengoptimalkan situs web apapun.

        Setelah membaca dan belajar secara garis besar mengenai SEO, kamu juga perlu mempelajari langkah optimisasi on-page dan off-page SEO.

        On-page SEO adalah proses mengoptimalkan berbagai komponen front-end dan back-end situs kamu sehingga mendapat peringkat teratas di mesin pencari dan menghasilkan trafik baru. Komponen on-page SEO mencakup elemen konten, elemen arsitektur situs, dan elemen HTML. On-page SEO memiliki kekuatan untuk membawa pengunjung baru langsung ke situs kamu. On-page SEO sangat penting karena dapat memberi tahu Google mengenai situs web kamu dan bagaimana kamu dapat memberikan nilai kepada pengunjung dan pelanggan. Hal ini membantu situs kamu untuk dapat dioptimalkan mesin pencari.

        Hanya dengan membuat dan menerbitkan situs web tidak akan cukup. Oleh karena itu, kamu harus mengoptimalkannya sehingga mesin pencari dapat menentukan peringkat dan menarik trafik baru. On-page SEO disebut sebagai on-page karena terdapat tweak dan perubahan yang akan kamu lakukan untuk mengoptimalkan situs kamu agar dapat dilihat oleh pengunjung

        Sedangkan, off-page SEO adalah SEO yang berfokus pada tautan yang mengarah ke situs web dari tempat lain di internet. Off-page SEO akan mengarahkan kamu untuk bisa mengoptimisasi dari faktor eksternal, misalnya inbound link dan backlink.

        Berbicara mengenai off-page SEO pasti tidak lepas dari link building. Link building adalah proses meningkatkan kuantitas dan kualitas tautan yang masuk ke situs web kamu untuk mendapatkan trafik rujukan, meningkatkan otoritas domain, dan meningkatkan peringkat di halaman mesin pencari. Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma Page Rank dalam menentukan kuantitas maupun kualitas.

        Menurut laporan dari State of Inbound di 2016, 66% pemasar sepakat bahwa meningkatkan SEO adalah prioritas utama mereka menjelang 2017. Sementara pembaruan algoritma Google seperti yang diketahui, mereka lebih menyukai pembaruan berbasis teks untuk desktop dan seluler.

        Gary Illyes dari Google mengatakan bahwa ini adalah sebuah perubahan besar. Ingatlah bahwa pembaruan ini sedang berada dalam tahap pengujian sehingga kamu mungkin tidak melihat perbedaan apa pun saat ini. Situs web ramah telepon seluler itu penting, apa pun bentuk teknologinya.

        Google sebelumnya telah menyatakan metode pilihan mereka untuk situs web ramah telepon seluler adalah desain yang lebih responsif. Saat ini, jika kamu memiliki halaman yang menampilkan beberapa konten tertentu kepada pengunjung berbasis desktop, tetapi mengecualikan konten untuk pengunjung seluler, kamu mungkin dapat melihat perubahan tersebut versi telepon seluler.

        II. SEM

        Jika sebelumnya sudah mengenal apa itu SEO, maka kamu juga perlu mengetahui SEM. SEM atau Search Engine Marketing adalah taktik pemasaran di mana para pemasar mengoptimalkan dan mengiklankan situs webnya agar bisa menempati urutan yang lebih tinggi dalam halaman penelusuran.

        SEO meningkatkan jumlah pengunjung situs web dengan membuat situs tampil tinggi. SEM dianggap sebagai bentuk pemasaran yang dapat meningkatkan visibilitas situs melalui hasil mesin pencari. SEM mencakup SEO serta taktik pemasaran pencarian lainnya.

        III. Social Media Marketing

        Social media marketing adalah upaya membuat konten untuk mempromosikan bisnis dan produk kamu di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Konten yang kamu ciptakan harus disesuaikan dengan platform spesifik tempat konten tersebut dibagikan untuk membantu kamu meningkatkan konversi.

        Dengan social media marketing, kamu juga dapat mengetahui siapa target audiens dan pelanggan kamu, di mana mereka berada, dan kapan mereka berkunjung ke laman produk kamu melalui genggaman ponsel setiap detik.

        IV. Blog/Website Marketing

        Blogging marketing adalah taktik pemasaran dengan menggunakan blog atau website untuk meningkatkan visibilitas bisnis kamu. Blog marketing adalah saluran pemasaran (seperti media sosial, pemasaran via email, dan lain-lain) yang membantu mendukung pertumbuhan bisnis kamu.

        Keuntungan dari blog marketing, yaitu dapat membantu kamu mengendalikan trafik situs web-mu, membantu kamu membangun otoritas bagi produk kamu (dengan membuat sejumlah konten yang bermanfaat bagi pengunjung), serta dapat menjadi lahan bisnis jangka panjang (jika laman milikmu mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di halaman mesin pencari).

        V. Banner Marketing

        Banner marketing atau iklan spanduk memang identik dengan iklan bergambar. Iklan spanduk biasa ditempatkan di lokasi yang mudah terlihat di halaman situs web, kemudian menciptakan awareness dan menghasilkan klik-tayang. Lokasi yang memiliki visibilitas tinggi ini mencakup bagian depan, bawah, atau samping halaman situs web; tempat di mana mata para pengunjung laman biasanya memandangi.

        VI. Content Marketing

        Content marketing adalah proses perencanaan, pembuatan, pendistribusian, pembagian, dan penerbitan konten untuk menjangkau target audiens kamu. Taktik ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk kamu, meningkatkan penjualan, serta dapat terhubung dengan target audiens kamu.

        Content marketing telah menjadi cara yang populer sebagai bentuk pemasaran yang baik. Selain memperluas jangkauan, content marketing membantu bisnis kamu meningkatkan konversi, membangun hubungan antara pelanggan dengan bisnis, terhubung dengan audiens kamu untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana produk dan layanan kamu dapat merebut hati mereka, dan menciptakan komunitas brand produk kamu.

        VII. Email Marketing

        Email marketing adalah proses pemasaran yang menargetkan audiens dan pelanggan kamu melalui email. Ini akan membantu Anda untuk meningkatkan konversi dan pendapatan dengan memberikan informasi yang berharga kepada pelanggan dan akan membantu mencapai tujuan mereka.

        VIII. Mobile Marketing

        Mobile marketing adalah bentuk pemasaran melalui konten digital yang terkait dalam menjangkau audiens yang memakai ponsel seluler. Dalam arti tertentu, hal ini dibutuhkan strategi pemasaran seperti olah pesan, desain, dan mengoptimalkannya untuk pengiriman melalui smartphone atau tablet.

        IX. Affiliate Marketing

        Affiliate marketing adalah taktik pemasaran berbasis kinerja, di mana para pengecer (biasanya pengecer online) memberikan sebuah upah komisi kepada setiap situs web untuk setiap pelanggan yang didapatkan melalui aktivitas promosi di situs web tersebut. Situs web yang sering disebut afiliasi ini hanya akan mendapatkan bayaran apabila dapat menghasilkan transaksi jual-beli antarpengguna.

        X. Viral Marketing

        Viral marketing adalah ketika seseorang membuat sebuah video atau konten visual yang beresonansi dengan target audiens mereka. Konten itu dibagikan hingga menyebar atau menjadi viral. Saat produk tersebut menjadi viral, segala bentuk penjualan, keterlibatan, dan kesadaran merek perusahaan dapat meningkat secara dramatis. Umumnya, suatu produk akan viral apabila telah di-endorse oleh seorang selebritas atau influencer karena jumlah pengikut mereka di media sosial banyak.

        C. Strategi Digital Marketing

        Sebelumnya, penting bagi kamu untuk memahami bagaimana strategi pemasaran berbeda dari strategi pemasaran digital, sebelum menerapkan salah satu atau keduanya dalam bisnis kamu.

        Strategi pemasaran adalah rencana untuk mencapai tujuan (atau sasaran) terkait pemasaran tertentu dengan cara yang terfokus dan tentunya dapat dicapai. Hal ini menjadi pertimbangan, apa yang akan kamu lakukan dengan bisnis kamu saat ini, dan apa yang akan kamu lewatkan sehubungan dengan tujuan yang telah kamu tetapkan sehingga kamu lebih mungkin untuk mencapainya. Sedangkan, strategi pemasaran digital adalah rencana yang dapat membantu bisnis kamu mencapai tujuan tertentu melalui saluran online.

        Bagaimana kamu dapat membentuk strategi digital marketing? Pertama, bangun persona pembeli kamu. Setelah itu, kamu dapat mengidentifikasi tujuan dan alat pemasaran digital yang kamu perlukan. Kemudian, evaluasi saluran dan aset digital yang kamu punya. Lalu, audit dan buat rancangan bentuk pemasaran yang kamu pilih. Identifikasi kembali tujuan dan alat pemasaran digital yang kamu perlukan. Kembali audit dan rancang ulang pendapatan yang kamu peroleh dari hasil pemasaran tersebut.

        D. Tren dan Tantangan dalam Digital Marketing

        Jika strategi atau pendekatan pemasaran tertentu secara konsisten berhasil untuk bisnis kamu, mengapa perlu untuk mengubahnya? Hanya karena sesuatu berhasil sekarang, bukan berarti hal itu akan berhasil lagi di kemudian hari. Kamu harus selangkah lebih maju atau setidaknya mengikuti tren yang muncul, yang akan memengaruhi kesuksesan pemasaran kamu di lain waktu.

        Jadi, selain mengikuti perkembangan industri, kenapa bisnis kamu harus peduli dengan tren pemasaran? Tren dapat membawa kamu untuk dapat meneliti kembali keberhasilan produk dan layananmu, membuat kamu selalu mengikuti perkembangan terbaru mengenai perilaku dan prioritas konsumen, selalu cermat dan tanggap terhadap perubahan di pasar untuk membantu kamu menghemat uang, serta tetap relevan di segmen pasar yang kamu tuju (sifatnya sekarang dan untuk jangka panjang).

        Saat ini, media sosial sangat berpengaruh terhadap tren terbaru. Inilah sebabnya mengapa pemasaran melalui media sosial adalah tren yang sedang populer dan menjadi bagian dari hampir semua strategi pemasaran bisnis. Pemasaran media sosial memungkinkan kamu untuk terhubung secara otentik dengan audiens secara personal.

        E. Bekerja sebagai Seorang Pemasar Digital

        Sebagai seorang digital marketers atau pemasar digital, terdapat beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan. Misalnya, kamu dapat meningkatkan keterampilan. Bekerja menjadi seorang pemasar digital membutuhkan kepandaian dan kreativitas untuk bisa memasarkan produkmu ke calon konsumen dengan baik, seperti dengan mempelajari SEO, SEM, dan bentuk marketing lainnya.

        Keuntungan lain bekerja di bidang pemasar digital adalah dapat bekerja secara fleksibel karena digital marketing merupakan bidang yang membutuhkan kreativitas tinggi sehingga pekerjanya dituntut untuk lebih segar dan memiliki pola pikir luar biasa (out of the box). Selain itu, seorang pemasar digital juga memiliki partner dan jaringan yang luas karena bidang ini memerlukan kerja sama dengan pihak lain.

        Untuk bisa menjadi seorang pemasar digital, kamu perlu mengikuti berbagai event atau workshop yang diselenggarakan. Kedua, kamu perlu belajar dari suatu brand yang telah ada sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menambah referensi dan menyerap ilmu yang ada. Ketiga, mengikuti segala tren dan pasar terkini. Terakhir, mendapatkan sertifikasi dari berbagai tempat pelatihan digital marketing sebagai bukti kalau kamu sudah teruji secara teoritis.

        Umumnya, gaji minimal seorang pemasar digital adalah Rp5 juta per bulannya. Namun, nominal tersebut akan meningkat seiring dengan keberhasilannya dalam menghasilkan sales profit

        Setelah kamu membaca segudang info mengenai digital marketing, apakah kamu menjadi tertarik untuk menggeluti dunia digital marketing?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: